Cegah Pemudik Kembali ke Jakarta, Posko Pemeriksaan Dibuat Berlapis

indonesiasatu, 27 May 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Posko pemeriksaan akses masuk ke Jakarta diperketat setelah Lebaran 2020. Penyekatan dilakukan secara berlapis untuk mencegah pemudik kembali ke Jakarta. Ada sekitar 116 titik penyekatan di sejumlah jalur lalu lintas Pulau Jawa mengarah Jakarta.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis telah memperpanjang pelaksanaan Operasi Ketupat hingga 7 Juni 2020.

"Polri dibantu TNI, petugas Dishub dan aparat lainnya telah menyiapakan posko pemeriksaan secara berlapis bagi warga yang masuk dan keluar Jakarta," ujar Kombes Pol Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Menurut dia, kendaraan yang diizinkan melintas menuju Jakarta hanya untuk yang berpenumpang yang memiliki surat izin keluar masuk DKI Jakarta (SIKM). Ini sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 47 tahun 2020.

"Mereka yang akan masuk dan keluar Jakarta tanpa membawa SIKM akan diperintahkan untuk memutar balik," jelas dia.

Jika di dalam kendaraan hanya ada satu orang saja yang membawa SIKM, maka pilihanya adalah penumpang yang tidak membawa SIKM harus memutar balik atau semua penumpang memutar balik.

"Jika masih ada yang memaksa masuk ke Jakarta tanpa SIKM, mereka harus menjalani karantina selama 14 hari di tempat yang sudah ditetapkan oleh Gugus Tugas Covid-19 DKI Jakarta," jelas dia.

Menurut dia, selama pelaksanaan Operasi Ketupat, hingga H+2 Lebaran, petugas telah memutar balik 87.636 kendaraan yang terindikasi akan melakukan mudik.

Petugas juga mengamankan ratusan kendaraan yang melanggar larangan mudik diantaranya, 698 kendaraan travel gelap, 8 angkutan barang dan 4 bus.

Menurut dia, hingga H+2 Lebaran ada 9.541 kasus pelanggaran lalu lintas yang terjadi. Ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019. Sedangkan jumlah kecelakaan lalu lintas ada 52 kasus. (***)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu