Lima Perkara Yang Harus Dilestarikan Santri dan Alumni

indonesiasatu, 16 Jun 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JOMBANG - Pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, KH Syifak Malik mengukap lima perkara yang dipegang para santri dan alumni yang harus di lakukan setiap hari. 

"Lulusan Pesantren maupun masih di Pesantren harus punya lima ajaran pokok yang harus ditaati oleh santri yaitu sholat jamaah, membaca Al-Quran, mengajar setelah lulus, merawat NU dan terakhir istikamah membaca wiridan Huwal Habiban,” kata Pengurus Yayasan Bahrul Ulum Kiai Syifak Malik, saat memberikan sambutan Halal Bihalal HISMA, Sabtu (15/06). 

Dikatakannya, ajaran tersebut selalu disampaikan dan diajarkan para pengasuh sejak dahulu hingga sekarang kepada santri maupun. 

"Karenanya, santri Bahrul Ulum sesibuk apapun tetap dituntut menjalan lima pokok ajaran tersebut," ungkapnya.

Khusus mengajar, para pengasuh selalu mengingatkan kepada para santri sesibuk apapun tetap harus meluangkan waktu untuk mengajar terutama ilmu agama. 

Begitu juga merawat NU, santri Bahrul Ulum tetap diharuskan merawat NU dengan berbagai cara. “Bisa menjadi pengurus ranting, hingga pengurus pusat,” jelasnya.

Berdirinya NU adalah wujud nyata dari satu bagian kecil ikhtiar itu. “Karena lewat NU perjuangan semakin terstruktur dan terorganisir, dan lewat NU juga kemerdekaan Indonesia bisa diraih dan dipertahankan,” ungkapnya. Karena tak terhitung jumlah santri Bahrul Ulum yang turut berjuang saat itu, lanjutnya.

Selain usaha dan kerja nyata dalam membangun negara Indonesia, para pengasuh Bahrul Ulum dari dulu juga melakukan ritual khusus membaca Al-Qur’an dan hulhabiban. Serta ditambah dengan shalat jamaah.

“Tiga hal ini merupakan langkah dari masyayik Bahrul Ulum menguatkan batin dan jiwa para santri. Karena ikhtiar zahir harus diikuti dengan doa," tandasnya. (Choirurrojikin/kla)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu